Wisata Kuliner Purwakarta: Tempat Makan dan Oleh-oleh

Selain menikmati tempat wisata purwakarta baik wisata alam, wisata air, wisata pendidikan dll, satu lagi yang jangan sampai terlewatkan adalah Wisata Kuliner Purwakarta di sini akan di bahas secara lengkap tempat makan di Purwakarta, oleh-oleh khas Purwakarta, tempat nongkrong, Cafe dll.

Baca juga Hotel di Purwakarta Dekat Air Mancur

Berkunjung ke objek wisata di Purwakarta akan terasa hambar, ibarat masakan tanpa bumbu JIKA tanpa menikmati kuliner yang khas di purwakarta.

Oleh karena itu wajib hukumnya mencicipi tempat-tempat kuliner yang akan di rekomedasikan oleh saya di sini hanya blog ini. Bukan di tempat lain ya. So, staytune! bacanya sampe selesai! karena ini penting bagi anda.

Baca juga Tempat Wisata di Purwakarta Terbaru

Sebelum pembahasan inti, untuk lebih tersimpulkan, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa kategori kuliner yang ada di Purwakarta. Diantaranya:
1. Tempat Makan Kuliner Purwakarta
2. Oleh-oleh khas purwakarta

Baik langsung ke pembahasan inti

1. Tempat Makan (Wisata Kuliner Purwakarta)

1. Kampoeng Maranggi di Plered
Mungkin agak asing bagi anda untuk nama yang satu ini: Sate Maranggi Purwakarta, karena memang terbilang baru adanya dan belum ramai terekspos ke seantero jagat raya. Tapi bagi warga sekitar khususnya urang purwakarta pasti sudah tau dan kenal dekat dengan KAMPOENG MARANGGI.


Kampoeng maranggi adalah lokaliasasi pedagang Sate Maranggi yang dulunya berceceran di pinggir-pinggir jalan Plered. Kini pemerintah kabupaten menertibkan dan menjadikannya wisata kuliner yang top di kota Istimewa.

Baca juga: Harga Karcis Masuk Giri Tirta Kahuripan

Lokasinya tepat berada di depan kantor kecamatan Plered, Alun-alun Plered, Pasar Plered, Stasiun Plered. Jadi tidak akan kesulitan bagi anda untuk menemukan lokasinya.

Harga yang di tawarkan di sana cukup murah dibandingkan dengan SATE MARANGGI yang ada di tempat lain. Sebut saja harga sate kambing Rp. 1.000, per tusuk, sate sapi Rp. 1.500 per tusuk.

Bila di tempat lain harganya tentu berfariasi mulai dari Rp. 2.000/tusuk hingga 2.500/tusuk baik sate sapi maupun sate kambing.

Baca juga: Tiket Masuk Situ Wanayasa

Untuk sebuah nama sate maranggi sendiri sudah ada sejak zaman dahulu kala, mungkin dari sejak zamannya nenek moyang hingga sekarang terus turun temurun, hingga dikatakan ada juga yang mengklaim keluarga keturunan Maranggi.

Sementara kemasyhuran sate maranggi jangan ditanya lagi, sudah tidak terhitung jumlahnya para penjual sate maranggi yang kian menjamur dimana-mana baik yang masih di wilayah Purwakarta maupun luar. Misalnya saja seperti sate maranggi cipanas cianjur, sate maranggi Bandung, sate maranggi Puncak Bogor, Jakarta dll. Dan 1 lagi yang paling terkenal sampai keluar kota adalah sate maranggi Cibungur lokasinya masih di Purwakarta arah Cikampek. Tempat makan yang satu ini super banget harganya juga benar-benar super. Per tusuknya saja mencapai Rp. 4.000.

Baca juga: Tiket Masuk Air Mancur Purwakarta

Sangat menarik memang membahas makanan fenomenal ini, mungkin di lain waktu akan bikin pembahasan yang lebih spesifik tentang Resep Sate Maranggi dengan bumbu yang asli dari ahlinya.

2. Wisata Kuliner Buangan Waduk Cirata
Adalah lokalisasi tempat makan di punggir waduk cirata. Di mana di sana adalah tempat yang cocok bagi para pecinta kuliner sejati yang siap menjajal makanan dengan lahap penuh kenikmatan.

Ya benar sekali bahkan makan di Buangan akan terasa lebih nikmat karena di tambahkan bumbu panorama air waduk Cirata yang melimpah luas.

Baca juga: Info Lengkap Air Mancur Purwakarta

Mungkin banyak orang yang kurang tau wisata kuliner ini karena tempatnya memang tidak terlalu strategis. Anda harus menggunakan kendaraan pribadi untuk menjangkaunya. Dari bendunga cirata sekitar 2 Km. Tapi gak usah khawatir tempatnya masih di pinggir Waduk Cirata kok. Tapi jangan salah bagi urang purwakarta tentu sudah tidak asing dengan nama buangan dengan segala rasa nikmat di lidah yang selalu menghantuinya.

Menu yang ada di sana sangat bervariasi. Menu andalannya adalah ikan bakar ada juga ikan goreng, disertai nasi liwet yang aduhai.
Harga Makan
Untuk harga sangat berfariative namun untuk beberapa tempat harga tidak terlalu jauh. Berikut harga makan di Buangan:

Nasi liwet 1 liter, jasa masak, sambel 35.000.
Nila 1 Kg Rp. 45.000

Total Rp. 80.000.

Di tempat yang lainnya ada juga yang lebih murah sepaket Rp. 70.000.

Selain itu anda bisa bawa beras dari rumah, da hnya bayar jasa masak Rp. 10.000 saja. Sisanya bayar untuk ikan dan sambal.

3. Istora Resort Jatiluhur
Adalah tempat makan yang paling romantis di Purwakarta, berada di tepi danau Jatiluhur, dengan pemandangan danau yang luas, panorama menara dari gunung parang dan gunung bongkok menambah indahnya dan nikmatnya liburan anda.
Selain itu juga di sana pengunjung bisa menikmati sunset yang hanya ada satu-satunya di Purwakarta.

Makanan dan minuman yang tersedia di sini cukup beragam, baik makanan lokal maupun luar seperti: 

Minuman: house blended, brewed coffee, frensh blended coffee, soft drink, cold & fresh beer, hingga juices.
Makanan Nusantara: Side dish, dessert
Makanan westrn: deep fried special, sandwich and burger, steak and grill, pizza, pasta, main-course hingga appetizer.

3. Tempat makan lainnya yang tidak kalah menarik
Tempat makan lainnya yang juga patut untuk di coba terbilang sangat banyak. Namun disini akan di bahas secara singkat.

Baca juga Hotel Gantung Tertinggi di Dunia

RM Ciganega
Rumah makan Ciganea, berada di Ciganea yaitu dekat pintu tol Jati Luhur. Jika anda keluar tol Jati Luhur maka setelah menemukan pertigaan lampu merah disitu lah Rumah makan Ciganea

RM Sambel Hejo
Sambel hejo memang sebuah prencise yang asal muasalnya dari purwakarta. Seiring waktu yang berjalan kini Ruamah Makan Sambel Hejo sudah tersebar di berbagai tempat baik dalam kota Purwakarta maupun di luar kota.

2. Oleh-oleh Purwakarta

Jangan sampai terlewatkan jika anda berkunjung ke kota istimewa Purwakarta untuk membelu makanan khas kota ini, ada beberapa oleh-oleh yang wajib anda beli diantaranya.

Baca juga: Rute Giri Tirta Kahuripan Wanayasa

1. Kue Simping Purwakarta
Oleh-oleh yang jangan sampai ketinggalan untuk bawa ke rumah saat sehabis berwisata maupun bepergian, jangan lupa untuk membeli simping yang tersebar luas di kota Purwakarta.

Simping ini sangat sayarat dengan budaya leluhur karena diketahui secara jelas bahwa kue ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Sunda yang lestari hingga kini.

Baca juga: Giri Tirta Kahuripan Purwakarta

Awalnya rasa simping hanya itu-itu saja, namun kini explorasi rasa dan kreasi serta inovasi terus di kembangkan hinga menghasilkan cita rasa yang kekinian dan digemari masyarakat zaman now.

Jika standar rasa buhun terdiri dari rasa kencur, kini bermetemorfosis menjadi rasa-rasa yang unuk seperti rasa asin, rasa keju, udang dan pedas serta gurih.

Disamping itu tersedia rasa yang manis seperti rasa coklat, rasa strawbery, rasa pandan hingga rasa susu dan durian.

Diyakini simping ini aman dari kolesterol walaupun memakannya dalam jumlah banyak.

Bahan-bahan baku simping ini terdiri dari tepung beras, tapioka, santan dan garam. Cara pembuatannya dilakukan dengan cara di bakar.

Baca juga: Giri Tirta Purwakarta

2. Peyeum Bendul
Selain sate maranggi dan simping yang tak kalah menarik dan melegendaris ada juga PEYEUM BENDUL, peyeum atau tape selain terkenal juga di Bandung, di Purwakarta juga sudah lama keberadaan peyeum.

Letak pedagang peyeum berada di Desa Sukatani Kecamatan Sukatani tepatnya di jalan alteri Purwakarta - Padalarang, tepatnya di dekat Pasar Anyar Sukatani.

Itulah Wisata Kuliner Purwakarta: Tempat Makan dan Oleh-oleh yang patut dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kolam Renang Tirta Harapan Munjuljaya Purwakarta

Kolam Renang Cek Tse Long Wanayasa Purwakarta

Tempat Wisata Ziarah di Purwakarta Yang Wajib Dikunjungi